Hubungan Antara Spiritualitas dan Sains


Hubungan Antara Spiritualitas dan Sains


Hubungan antara spiritualitas dan sains tidak selalu diperdebatkan, tetapi tentunya memiliki kesulitan.

Melacak emosi secara ilmiah bisa seperti mencari makna dalam bentuk yang kita lihat di awan. Sementara pengalaman emosi bervariasi dari orang ke orang, pengalaman emosi transenden dapat dilihat sebagai sesuatu yang lebih universal dan terhubung dengan spiritualitas.

Emosi transenden diri menghubungkan kita semua melalui perilaku prososial (Stellar, et al., 2017). Emosi seperti syukur , kasih sayang, dan kekaguman menghubungkan kita semua melalui kapasitas prososialnya. Emosi transenden mendorong perilaku yang menghubungkan manusia dan menstabilkan hubungan prososial (Haidt, 2003).

Emosi transenden diri:

  • kasih sayang
  • perasaan kagum
  • syukur
  • apresiasi
  • inspirasi
  • kekaguman
  • ketinggian
  • cinta
Emosi ini memiliki kemampuan khusus untuk menyatukan individu. Mereka terkait dengan tingkat spiritualitas yang lebih tinggi. Karena emosi transenden diri difokuskan pada orang lain, interaksi yang lebih bermakna dan penuh tujuan dimungkinkan.

Banyak intervensi psikologi positif didasarkan pada ajaran agama dan spiritual kuno, yang biasanya tidak termasuk dalam perawatan untuk psikopatologi. Ada intervensi yang divalidasi secara empiris untuk empat kebajikan berikut: harapan, syukur, pengampunan, dan welas asih (Rye, MS et al., Nd).

Dengan mengeksplorasi teori psikologis di balik keempat kebajikan ini, sains dan spiritualitas secara kolektif dapat melayani lebih banyak orang.

Psikologi harapan dimulai pada 1950-an. Penjelasan tentang harapan pada saat itu difokuskan pada pencapaian tujuan seseorang. Dalam psikologi positif, ini telah berkembang untuk menjelaskan proses pencapaian tujuan dengan lebih baik.

Teori ini mencakup jalur menuju pencapaian tujuan dan agensi. Pikiran yang penuh harapan mencerminkan keyakinan bahwa seseorang dapat menemukan jalur menuju tujuan yang diinginkan dan menjadi termotivasi untuk menggunakan jalur tersebut (Snyder, CR et al., 1991). Harapan, dengan definisi ini, menggerakkan emosi dan kesejahteraan manusia.

Bergantung pada pandangan dunia seseorang, intervensi harapan dapat membantu menemukan jalan untuk terhubung dengan yang ilahi dan meningkatkan kesejahteraan seseorang. Itu akan berbeda menurut agama dan pemahaman seseorang tentang peran ilahi dalam agen pengharapan. Intervensi yang menghormati pandangan dunia individu jelas akan lebih diterima dan membantu.

Psikologi syukur dikonseptualisasikan sebagai emosi yang lebih tinggi yang terkait dengan moralitas. Syukur telah dijelaskan dalam sains sebagai emosi moral prososial yang berguna karena dua alasan utama:

  • A) Berfungsi sebagai barometer moral karena menunjukkan kapan interaksi antarpribadi dianggap menguntungkan, dan
  • B) Mengingatkan kita bahwa kekuatan kita terbatas (McCullough & Tsang, 2004).

Manfaat dari praktik syukur sangat luas, terlepas dari ide agamanya.

Psikologi pengampunan memiliki berbagai definisi. Definisi terluas adalah naluri manusia adaptif yang diaktifkan dalam situasi sosial tertentu (McCullough, 2008). Dengan definisi ini, pengampunan tidak membutuhkan hubungan masa depan dengan seseorang yang telah berbuat salah kepada Anda. Ini membebaskan Anda alih-alih naluri untuk membalas dendam.

Psikologi welas asih telah didukung secara empiris melalui karya Kristin Neff. Belas kasihan dikonseptualisasikan dalam tiga komponen (Neff, 2003):

Mengekspresikan kebaikan terhadap diri sendiri dan melihat kekurangan dengan sikap tidak menghakimi.

Menghubungkan pengalaman penderitaan seseorang dengan pengalaman kolektif manusia.

Menjadi sadar akan penderitaan tanpa menjadi terikat atau menjadikannya bagian dari identitas seseorang.
Empat kebajikan pengharapan, rasa syukur, pengampunan, dan kasih sayang diri ini ditemukan di semua bidang agama dengan berbagai cara. Spiritualitas dan sains tumpang tindih dalam cara-cara mendasar untuk memungkinkan pengalaman manusia mengikat kita dalam pengalaman kolektif. Intervensi yang menghargai pandangan dunia unik setiap individu akan lebih berdampak, karena memungkinkan sistem kepercayaan individu ditingkatkan oleh sains.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url